Pengembangan Nintendo Wii terjadi di
sekitaran tahun 2001, yang ingin mengembangkan bagaimana konsole Wii ini
memiliki sesuatu yang beda di bandingkan konsole2 game lainnya. Setelah mendapatkan berbagai ide2 juga
berbagai skesta yang ditawarkan, maka di awal tahun 2005, Nintendo sudah mulai
memperkenalkan kontrolernya yang beberbentuk diibaratkan sebagai “tongkat
sihir”, dan lampiran awal desain Nunchuk.
Nintendo pun sudah
memutuskan untuk menggunakan sensor gerak, port infrared, dan beberapa tombol
untuk tambahannya pada teknologi kontroler tersebut. Pada akhirnya pada akhir
tahun 2005, Nintendo sudah
memutuskan untuk segera memproduksinya secara masal.
Wii
sedikitnya telah mengadaptasi dari konsole sebelumnya yaitu Nintendo DS,
pemikiran untuk menggunakan layar sentuh pada interfacenya yang menjadi asal
mula penggunaan teknologi sensor gerak yang kini di usung oleh Wii. Yang
menarik dari Wii disini yaitu fitur wirelessnya, konsole game ini menggunakan
suatu remote kontrol yang dapat memungkinkan kita dalam bergerak secara real
yang nantinya akan di interaksikan ke dalam gamenya nanti. Wii remote (Wiimote)
merupakan satu-satunya
penggerak untuk konsole Wii, dengan remote ini kita bisa memanipulasi benda2 di
dalam game dengan menggunakan teknologi gesture
recognition, jadi setiap gerakan yang kita lakukan maka
dengan pintarnya Wiimote ini akan menterjemahkannya ke konsole yang lalu meneruskannya
dalam bentuk visual di dalam gamenya.
Gesture
recognition merupakan salah satu
teknik yang dapat memungkinkan kita untuk menafsirkan gerak tubuh kita dengan
menggunakan sederetan matematika algoritma. Dengan gesture recognition inilah
yang bisa menghubungkan kita dengan mesin, saat ini gesture recognition baru
memfokuskan ruang lingkupnya pada emosi kita, dengan memperhatikan raut muka
kita, dengan gerakan kita yang di baca oleh kamera ataupun sensor yang terdapat
di mesin itu sendiri. Sehingga bisa menciptakan ruang gerak kita secara
virtual. Penerapan gesture recognition ini sudah mencakupi di bidang game
maupun dalam bidang science.
Untuk
sensor penginderaannya, Wiimote menggunakan ADXL330
dengan ini, Wii bisa merasakan sensor percepatan. Wiimote juga menyertai fitur PixArt optical sensor, dengan fitur
ini Wii bisa mengetahui dimana Wiimote itu di arahkan.
ADXL330
tadi merupakan accelerator
yang dilengkapi dengan 3 sumbu accelerator dengan tegangan AC pada sinyal
outputnya, semuanya berpusat pada IC monolithic. ADXL330 ini memiliki
percepatan dengan skala minimun sebesar 3G, yang dapat mengukur percepatan
gravitasi, ketinggian langit2, ataupun mengitung percepatan dinamik dari
benturan ataupun gesekan. Alat ini sudah biasa digunakan di bidang mobile
aplikasi, gaming aplikasi, juga aplikasi kesehatan.
Memori
yang terdapat pada Wiimote ialah sebesar 16 KiB EEPROM chip dan masing2nya
sektornya memiliki 6 kilobyte yang mampu ditulis dan dibaca dari hostnya. Wiimote
ditenagai oleh kekuatan batre berjenis AA, yang mampu menghidupi Wiimote
tersebut selama 60 jam (bila hanya menggunakan fungsi dari accelerator saja)
dan 25 jam (bila menggunakan kedua fungsinya, yaitu mengakses accelerator juga
fungsi pointer).
Aksesoris Wii
-
Nunchuk
merupakan
model kontroler pertama yang diperkenalkan oleh Nintendo di tahun 2005 Tokyo
Game Show. Nunchuk terhubung dengan Wiimote melalui kabel dengan panjang kira2
1 sampai 1,2 m. Apabila dipadukan dengan Wiimote maka tampilannya akan menjadi
seperti alat beladiri nunchaku,
dan dari situlah nama nuchuk ini diambil. Pada nunchuk terdapat 1 stick analog,
dan 2 tombol yang lalu di ubah menjadi 1 tombol saja yang dinamakan “C”.
Nunchuk sudah di sertakan dalam penjualah Wii.
-
Wii Classic
seperti
namanya tentu kontroler yang satu ini bentuknya mirip dengan kontroler2 konsole
generasi ketujuh yang lain.
-
Wii Zapper
merupakan
alat shooter (penembak) untuk konsole Wii, ini sudah pasti dijelaskan dengan
tampilannya yang mirip senapan.
-
Wii Wheel
berbentuk
seperti stir pada mobil, yang tentunya di gunakan untuk permainan yang bergenre
racing.
-
Wii MotionPlus
merupakan
fitur tambahan pada Wiimote yang mampu memperkuat daya tangkap sinyal gerakan
yang lebih rumit. Wii MotionPlus ini hanya berbentuk sebagai tambahan pada
Wiimote, yang akan menambah panjangnya sekitar 4cm dari panjang Wiimote.
Source :
octarianggaeko.wordpress.com
dealspwn.com
No comments:
Post a Comment