Light Red Pointer

Repeat... Sleep, Eat, Love, Peace, Code, Pray Until... Die.

Thursday 10 May 2018

Analisis Program Jaringan Sederhana

Latihan 1 (getIP.java)

Listing Program getIP.java
Listing program diatas digunakan untuk mendapatkan IP address dari PC pada saat program ini dijalankan. Program tersebut menggunakan library yang terdapat pada java yaitu java.net.* dengan class yang digunakan adalah getIP. Lalu terdapat variable dengan nama host dengan mengambil class InetAdress dan getLocalHost yang berfungsi untuk mengambil alamat localhost dari pc tersebut.  Kemudian terdapat variable ip yang menggunakan array dengan tipe data byte yang nantinya akan menyimpan IP Address dengan menggunakan sintaks getAddress.

Output Program getIP.java

Latihan 2 (getName.java)

Listing Program getName.java
Sama seperti dengan program sebelumnya yaitu getIP.java, pada getName.java menggunakan library java.net.* yang berfungsi untuk mendapatkan nama hostname dari PC ketika program dijalankan. Terdapat variable host untuk menampung localhost yang kemudian akan menampilkan hostname PC dengan menggunakan fungsi getHostName.

Output Program getName.java

Latihan 3 (IPtoName.java)

Listing Program IPtoName.java
Pada program IPtoName.java ini berfungsi untuk mendapatkan nama PC ketika IP address telah diketahui. Menggunakan library java.net.* dan class IPtoName. Lalu terdapat percabangan, jika user hanya menjalankan program dengan class nya tanpa menginput IP Address maka program akan memberikan petunjuk pemakaiannya. Kemudian terdapat error handling menggunakan trycatch, dimana pemakaian try, variabel address akan mengambil nilainya dari host, lalu dilakukan catch jika nama host tidak diketahui maka akan mencetak pesan error.

Output Program IPtoName.java

Latihan 4 (NsLookup.java)

Listing Program NsLookup.java
Pada program NsLookup.java ini berfungsi untuk mendapatkan IP Address ketika hostname PC telah diketahui. Menggunakan library java.net.* dan class IPtoName. Lalu terdapat percabangan, jika user hanya menjalankan program dengan class nya tanpa menginput hostname maka program akan memberikan petunjuk pemakaiannya. Kemudian terdapat error handling menggunakan trycatch, dimana dalam try, variable address akan mengambil nilainya dari host, dan catch akan mengecek jika nama host tidak diketahui maka akan mencetak pesan error kemudian keluar dari program. Selanjutnya terdapat perulangan untuk dapat mencetak IP Address yang didapat.

Output Program NsLookup.java

Latihan 5 (simpleClient.java dan simpleServer.java)

Listing Program simpleClient.java
Listing Program simpleServer.java
Kedua program diatas (simpleClient.java dan simpleServer.java) saling berhubungan. Untuk menjalankannya harus menggunakan 2 console, satu untuk server dan satu untuk client. Keduanya menggunakan library yang sama yaitu java.net.*. dan java.io.*. Pada simpleClient.java akan melakukan koneksi ke socket 5000 yang disimpan pada variabel REMOTE_PORT agar dapat terhubung ke server. Kemudian program akan meminta untuk memasukan kata kunci lalu hasil input tersebut akan dikirim ke server untuk melakukan pengecekan yang ada pada server. Jika pada server telah dicek, maka server akan mengirimkan hasilnya kepada client tersebut.

Pada program simpleServer.java, program akan terhubung ke socket 5000 yang disimpan pada variabel TESTPORT kemudian mencetak "Aplikasi server hidup". Lalu terdapat percabangan untuk mengecek hasil inputan yang telah dimasukkan oleh client. Kedua program dapat dijalankan dengan syarat, program server yang dijalankan terlebih dahulu lalu diikuti oleh menjalankan program client.

Output Program simpleClient.java
Output Program simpleServer.java


No comments:

Post a Comment

© Fiyu Ang , AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena