Light Red Pointer

Repeat... Sleep, Eat, Love, Peace, Code, Pray Until... Die.

Tuesday 15 March 2016

File Transfer Protocol


FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)

FTP – File Transfer Protocol, merupakan Protocol standar untuk kegiatan lalu lintas file (upload maupun download) antara dua komputer  yang terhubung dengan jaringan internet. Sebagian system FTP mensyaratkan untuk diakses hanya oleh mereka yang memiliki hak untuk itu dengan menggunakan logis tertentu. Sebagian lagi dapat diakses oleh publik secara anonim. Situs FTP semacam ini disebut anonymous FTP.
Fasilitas ini memungkinkan para pengguna internet untuk melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara computer local dengan computer lain yang terhubung dalam jaringan internet. 

FTP umumnya dimanfaatkan sebagai sarana pendukung untuk kepentingan pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan  internet. FTP juga dimanfaatkan untuk melakukan prose upload suatu halaman web ke webserver agar dapat diakses oleh pengguna internet lainnya.

Secara teknis, aplikasi FTP disebut sebagai FTP client, dan yang populer digunakan saat ini antara lain adalah cute FTP dan WS_FTP. Aplikasi-aplikasi ini umumnya dimanfaatkan untuk transaksi FTP yang bersifat dua arah (active FTP). Modus ini memungkinkan pengguna untuk melakukan baik proses upload maupun proses download. Tidak semua server FTP dapat diakses dalam modus active. Untuk mencegah penyalahgunaan yang dapat berakibat fatal bagi sebuah server FTP maka pengguna FTP untuk modus active harus memiliki hak akses untuk mengirimkan file ke sebuah server FTP. Hak akses tersebut berupa sebuah login name dan password sebagai kunci untuk memasuki sebuah system FTP server. Untuk modus passive, selama memang tidak ada restriksi dari pengelola server, umumnya dapat dilakukan oleh semua pengguna dengan modus anonymous login. Kegiatan mendownload software dari interner misalnya, juga dapat digolongkan sebagai passive FTP.

Sintaks penulisan alamat untuk FTP-server

Bila anda ingin menghubungi FTP-server tertentu, gunakan sistim alamat yang juga dipakai untuk dokumen WWW. Namun tidak dimulai dengan HTTP://, melainkan tentunya dengan FTP://. Dengan demikian anda memberitahu browser, protocol mana yang dibutuhkan. Keterangan protokol diikuti oleh alamat DNS. FTP-server yang akan dihubungi. Sintaks perintah yang umum untuk mencapai alamat FTP-Server adalah sebagai berikut :

          ftp://alamat DNS

Anda juga dapat langsung menuliskan sebuah direktori atau file tertentu.



Referensi :
1.      Sukmaaji, Andi dan Rianto (2008). Jaringan Komputer. Jogjakarta: ANDI Yogyakarta
2.      Syafrizal, Melwin (2005). Pengantar Jaringan Komputer. Jogjakarta: ANDI Yogyakarta. from https://books.google.co.id (diakses pada tanggal 15 Maret 2016)
3.      Wagito (2007). Jaringan Komputer Teori dan Implementasi Berbasis Linux. Jogjakarta: GAVA Media. From https://books.google.co.id (diakses pada tanggal 16 Maret 2016)

No comments:

Post a Comment

© Fiyu Ang , AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena