Light Red Pointer

Repeat... Sleep, Eat, Love, Peace, Code, Pray Until... Die.

Wednesday 16 March 2016

HTTP


Hyper Text Transfer Protocol

HTTP – Hyper Text Transfer Protocol, protocol yang didesain untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan dalam www.
Pengembangan HTTP dikoordinasi oleh Konsorsium World Wide Web dan grup bekerja Internet Engineering Task Force (IETF),  bekerja dalam publikasi satu seri RFC, yang paling terkenal RFC 2616, yang menjelaskan HTTP/1.1, versi HTTP yang digunakan umum sekarang ini.

Terdapat dua tipe message dari HTTP, yaitu request message dan response message. Request message terdiri dari request line, header, dan body. Request line dibagi dalam 3 komponen: request type (method), resource (URL), dan versi HTTP. Uniform Resource Locator (URL) merupakan informasi alamat di mana sebuah dokumen dapat diakses dalam halaman Web. URL dibagi dalam tiga bagian method, host computer,
port, dan path. Method adalah protokol yang digunakan untuk akses dokumen. Method ini dapat mengoperasikan groper, FTP, HTTP, News, dan TELNET. Request Type yang merupakan bagian dari request line dapat didefinisikan dalam beberapa bagian message yang disebut dengan request method, yang antara lain GET, HEAD, POST, PUT, PATCH, COPY, MOVE, DELETE, LINK, UNLINK, dan OPTION.

Response message merupakan tanggapan yang diberikan oleh server yang terdiri dari line status, header, dan body. Response message yang diperoleh user dilengkapi dengan keterangan dari message tersebut. Keterangan ini disebut dengan header message, yang terdiri dari General Header, Request Header, Response Header, dan Entity Header.

Virtual Host Server HTTP

          Istilah virtual host menunjuk pada praktik pemeliharaan beberapa server HTTP dalam satu mesin. Dalam pengertian ini, virtual host menunjukkan satu computer yang dapat menangani beberapa server HTTP. Ketika suatu server HTTP dihubungi dengan nama atau alamat IP tertentu, server akan menanggapi dengan tanggapan yang berbeda ketika server dihubungi dengan nama atau alamat IP lain. Misalkan ada dua host atau domain berbeda dikelola oleh satu mesin dan masing-masing domain mempunyai server HTTP. Misalkan juga nama host tersebut www.cahjujur.net dan www.cahbagus.net. Ketika server HTTP dihubungi dengan http://www.cahjujur.net, server akan menanggapi secara berbeda dengan ketika server dihubungi dengan http://www.cahbagus.net. Mekanisme seperti ini dapat dibuat dengan cara mengkonfigurasi virtual host server HTTP.
Apache sebagai program server HTTP dapat dikonfigurasi untuk menjalankan dukungan terhadap virtual host. Dukungan Apache terhadap virtual host diwujudkan dengan beberapa konfigurasi pengarah yaitu <VirtualHost>, NameVirtualHost, ServerName, ServerAlias, dan ServerPath. Penerapan virtual host pada Apache didasarkan pada dua hal yaitu :
1.     Virtual host berdasar nama (name based virtual host)
2.     Virtual host berdasar alamat IP (IP based virtual host)



Referensi :
1.      Sukmaaji, Andi dan Rianto (2008). Jaringan Komputer. Jogjakarta: ANDI Yogyakarta
2.      Syafrizal, Melwin (2005). Pengantar Jaringan Komputer. Jogjakarta: ANDI Yogyakarta. from https://books.google.co.id (diakses pada tanggal 15 Maret 2016)
3.      Balinter (2009). Pengertian Hyper Text Transfer Protocol. from http://www.balinter.net/news_220_Hypertext_Transfer_Protocol.html (diakses pada tanggal 15 Maret 2016)
4.      Wagito (2007). Jaringan Komputer Teori dan Implementasi Berbasis Linux. Jogjakarta: GAVA Media. from https://books.google.co.id (diakses pada tanggal 16 Maret 2016)

No comments:

Post a Comment

© Fiyu Ang , AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena