Light Red Pointer

Repeat... Sleep, Eat, Love, Peace, Code, Pray Until... Die.

Friday 1 January 2016

Laboratorium Teknik Informatika


Hallo... Saya Fitri Ayu Anggraini. Tulisan ini berisi ulasan mengenai salah satu laboratorium yang ada di lingkungan Universitas Gunadarma, yaitu Laboratorium Teknik Informatika atau yang lebih dikenal dengan Lab TI. Lab TI merupakan laboratorium program studi Teknik Informatika Universitas Gunadarma. Laboratorium ini mendukung proses pembelajaran dalam mempersiapkan bekal pengetahuan dan aplikasinya bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa Teknik Informatika.


Saya selaku mahasiswa TI Universitas Gunadarma cukup bangga dengan Universitas ini karena sangat memanfaatkan sistem teknologi informasi dalam meyampaikan informasi kepada kelompok tertentu maupun kepada masyarakat umum melalu media internet. Selain itu, karena adanya laboratorium yang mampu mengembangkan bakat dan minat dari mahasiswa, sehingga memberikan kontribusi nyata untuk masa depan bagi mahasiswa dalam dunia kerja.

Universitas Gunadarma merupakan salah satu kampus yang mengedepankan kebutuhan Teknologi Informasi bagi para mahasiswanya. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya berbagai macam laboratorium yang disediakan. Misalnya saja Laboratorium Teknik Informatika atau yang biasa disebut dengan nama Lab TI. Lab TI terdiri dari 3 golongan, yaitu Lab TI Dasar, Lab TI Menengah, dan Lab TI Lanjut. Masing-masing memiliki aktifitas yang berbeda dalam kegiatan praktikumnya. Hal tersebut dikaitkan terhadap jenjang kelas dari para praktikan. Itu disebabkan masing-masing Lab TI memiliki pembahsan materi yang berbeda. Untuk lab TI Dasat yang pernah saya ikuti ruangannya cukup nyaman dengan fasilitas AC. Untuk memudahkan dalam kegiatan praktikum, Laboratorium TI memiliki asisten yang bertujuan untuk membimbing bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan praktikum.

Dalam kegiatan praktikum terdapat empat aktivitas dasar, yaitu : LP, TP, K,  dan LA. LP (Laporan Pendahuluan) merupakan aktivitas yang dilakukan praktikan sebelum mengikuti kegiatan praktikum diluar jam praktikum. TP (Tugas Pendahuluan) merupakan aktivitas kedua yang dilakukan praktikan ketika hendak memulai praktikum, kegiatan ini masuk ke dalam jam praktikum. K (Keterampilan) merupakan aktivitas dalam mengikuti praktikum di dalam Lab yang dibimbing oleh asisten Lab. LA (Laporan Akhir) merupakan aktivitas terakhir dalam kegiatan praktikum, Laporan Akhir dikerjakan di luar jam praktikum dan laporannya dikumpulkan dipertemuan berikutnya bersama LP.  

Berbagai macam aktifitas dasar tersebut tentunya memiliki tujuan. Dari setiap aktifitas akan diperoleh nilai bagi para praktikan sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Pada akhir pertemuan akan dilakukan Ujian untuk mengetahui hasil final yang diperoleh dari masing-masing praktikan untuk mengetahui seberapa dalam mereka memahami semua tutorial yang diberikan selama kegiatan praktikum dilakukan. Tentunya penilaian tersebut tidak lepas dari penilaian harian dari semua aktifitas dasar yang telah dilakukan. Dengan adanya kegiatan dalam Lab TI mahasiswa akan terbiasa meneyelesaikan persoalan dalam bidang IT baik secara teori maupun praktek secara langsung.
Prosentase Nilai saya kutip dari situs Lab TI, berikut kutipannya. “Prosentase Nilai Harian adalah 30% Test Pendahuluan, 20% Laporan Pendahuluan, 15% Laporan Akhir dan 35% Ketrampilan/Keaktifan. Sedangkan untuk prosentase Nilai Ujian adalah100%. Persentase nilai praktikum adalah 60% nilai harian dan 40% nilai ujian. Total Nilai praktikum mahasiswa merupakan hasil perhitungan dari rumusan yang terdiri dari Nilai Harian, Nilai Ujian, Kelengkapan berkas praktikum dan Absensi mahasiswa.”

Selain itu, Lab TI memiliki layanan yang bertujuan memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai kegiatan praktikum supaya mahasiswa tidak perlu lagi bertanya kepada staff lab untuk berlangsungnya kegiatan praktikum. situsnya bisa diklik di sini

Demikian tulisan yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, kurang dan lebihnya saya mohon maaf apabila tulisannya masih jauh dari sempurna.







1 comment:

© Fiyu Ang , AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena