Light Red Pointer

Repeat... Sleep, Eat, Love, Peace, Code, Pray Until... Die.

Sunday 20 December 2015

Teknologi Nintendo Wii



Pengembangan Nintendo Wii terjadi di sekitaran tahun 2001, yang ingin mengembangkan bagaimana konsole Wii ini memiliki sesuatu yang beda di bandingkan konsole2 game lainnya.  Setelah mendapatkan berbagai ide2 juga berbagai skesta yang ditawarkan, maka di awal tahun 2005, Nintendo sudah mulai memperkenalkan kontrolernya yang beberbentuk diibaratkan sebagai “tongkat sihir”, dan lampiran awal desain Nunchuk. Nintendo pun sudah memutuskan untuk menggunakan sensor gerak, port infrared, dan beberapa tombol untuk tambahannya pada teknologi kontroler tersebut. Pada akhirnya pada akhir tahun 2005, Nintendo sudah memutuskan untuk segera memproduksinya secara masal.

Wii sedikitnya telah mengadaptasi dari konsole sebelumnya yaitu Nintendo DS, pemikiran untuk menggunakan layar sentuh pada interfacenya yang menjadi asal mula penggunaan teknologi sensor gerak yang kini di usung oleh Wii. Yang menarik dari Wii disini yaitu fitur wirelessnya, konsole game ini menggunakan suatu remote kontrol yang dapat memungkinkan kita dalam bergerak secara real yang nantinya akan di interaksikan ke dalam gamenya nanti. Wii remote (Wiimote) merupakan satu-satunya penggerak untuk konsole Wii, dengan remote ini kita bisa memanipulasi benda2 di dalam game dengan menggunakan teknologi gesture recognition, jadi setiap gerakan yang kita lakukan maka dengan pintarnya Wiimote ini akan menterjemahkannya ke konsole yang lalu meneruskannya dalam bentuk visual di dalam gamenya.

Gesture recognition merupakan salah satu teknik yang dapat memungkinkan kita untuk menafsirkan gerak tubuh kita dengan menggunakan sederetan matematika algoritma. Dengan gesture recognition inilah yang bisa menghubungkan kita dengan mesin, saat ini gesture recognition baru memfokuskan ruang lingkupnya pada emosi kita, dengan memperhatikan raut muka kita, dengan gerakan kita yang di baca oleh kamera ataupun sensor yang terdapat di mesin itu sendiri. Sehingga bisa menciptakan ruang gerak kita secara virtual. Penerapan gesture recognition ini sudah mencakupi di bidang game maupun dalam bidang science.
Untuk sensor penginderaannya, Wiimote menggunakan ADXL330 dengan ini, Wii bisa merasakan sensor percepatan. Wiimote juga menyertai fitur PixArt optical sensor, dengan fitur ini Wii bisa mengetahui dimana Wiimote itu di arahkan.

ADXL330 tadi merupakan accelerator yang dilengkapi dengan 3 sumbu accelerator dengan tegangan AC pada sinyal outputnya, semuanya berpusat pada IC monolithic. ADXL330 ini memiliki percepatan dengan skala minimun sebesar 3G, yang dapat mengukur percepatan gravitasi, ketinggian langit2, ataupun mengitung percepatan dinamik dari benturan ataupun gesekan. Alat ini sudah biasa digunakan di bidang mobile aplikasi, gaming aplikasi, juga aplikasi kesehatan.

Memori yang terdapat pada Wiimote ialah sebesar 16 KiB EEPROM chip dan masing2nya sektornya memiliki 6 kilobyte yang mampu ditulis dan dibaca dari hostnya. Wiimote ditenagai oleh kekuatan batre berjenis AA, yang mampu menghidupi Wiimote tersebut selama 60 jam (bila hanya menggunakan fungsi dari accelerator saja) dan 25 jam (bila menggunakan kedua fungsinya, yaitu mengakses accelerator juga fungsi pointer).
 
Aksesoris Wii

- Nunchuk
 
merupakan model kontroler pertama yang diperkenalkan oleh Nintendo di tahun 2005 Tokyo Game Show. Nunchuk terhubung dengan Wiimote melalui kabel dengan panjang kira2 1 sampai 1,2 m. Apabila dipadukan dengan Wiimote maka tampilannya akan menjadi seperti alat beladiri nunchaku, dan dari situlah nama nuchuk ini diambil. Pada nunchuk terdapat 1 stick analog, dan 2 tombol yang lalu di ubah menjadi 1 tombol saja yang dinamakan “C”. Nunchuk sudah di sertakan dalam penjualah Wii.

- Wii Classic
seperti namanya tentu kontroler yang satu ini bentuknya mirip dengan kontroler2 konsole generasi ketujuh yang lain.

- Wii Zapper

merupakan alat shooter (penembak) untuk konsole Wii, ini sudah pasti dijelaskan dengan tampilannya yang mirip senapan.

- Wii Wheel
 berbentuk seperti stir pada mobil, yang tentunya di gunakan untuk permainan yang bergenre racing.

- Wii MotionPlus

merupakan fitur tambahan pada Wiimote yang mampu memperkuat daya tangkap sinyal gerakan yang lebih rumit. Wii MotionPlus ini hanya berbentuk sebagai tambahan pada Wiimote, yang akan menambah panjangnya sekitar 4cm dari panjang Wiimote.


Source :
octarianggaeko.wordpress.com 
dealspwn.com

No comments:

Post a Comment

© Fiyu Ang , AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena