Light Red Pointer

Repeat... Sleep, Eat, Love, Peace, Code, Pray Until... Die.

Saturday 19 December 2015

Playstation




Playstation adalah suatu teknologi yang canggih dalam bidang permainan. Playstation merupakan  rangkaian sistem yang dapat menampilkan gambar, suara, gerak yang keluar jika dihubungkan dengan televisi melalui kabel penghubung. Playstation merupakan salah satu sarana anak-anak ataupun pelajar untuk menghilangkan kejenuhan. Permainan Playstation ini merupakan permainan berbasis program komputer yang memberikan jenis permainan baru yang sangat disukai anak-anak. Permainan ini disukai karena banyak menawarkan beraneka ragam tema, gambar serta efek suara yang menarik. Anak dapat memainkan permainan sepak bola, balap mobil, balap motor, permainan detektif, penelusuran hutan rimba, dan beragam tema lainnya. PlayStation atau PS ini pertama kali dikeluarkan di Jepang tahun 1994 oleh perusahaan Sony. Sejak saat itu, PS langsung menjadi permainan favorit anak-anak. PS memang permainan yang sangat menghibur, terutama bagi anak-anak, namun pengaruh PlayStation tidak selamanya baik bagi perkembangan anak-anak.

Berikut ini akan dibahas Generasi PlayStation dengan perjalanan panjangnya yang sudah menghasilkan beberapa perangkat dengan ragamteknologi :

  • PlayStation
Kehadirannya pada tahun 1994, langsung sukses menghipnotis jutaan penggila game saat itu melalui tampilan grafis 3D yang ditawarkannya. Apalagi Konsol game PlayStation juga menawarkan teknologi yang sama sekali beda dijamannya.
Di saat konsol game lain masih menggunakan model cartridge sebagai medianya, Sony PlayStation menjadi yang pertama hadir dengan teknologi kepingan disc sebagai media game-nya.
Terobosan revolusioner yang dilakukan Sony melalui PlayStation sukses membuatnya dikenal sebagai konsol game paling populer di zamannya. Meski dihimpit oleh kompetitor Sega Saturn dan Nintendo 64, Sony Playstation masih terlalu kuat untuk didekati.
Di Indonesia sendiri, kehadiran Sony PlayStation justru menjadi ladang usaha menggiurkan dengan menjamurnya usaha rental PlayStation yang mudah ditemukan dimanapun.
Rental PlayStation tersebut menjadi solusi bagi penggemar game yang ingin memainkan game kesayangannya namun belum memiliki budget cukup untuk membelinya. Selain itu, rental PlayStation juga kerap menjadi lokasi ajang adu kebolehan.

  • PlayStation 2
Serupa dengan pendahulunya, suksesor PlayStation ini pun berhasil meraih pencapaian memuaskan dengan 150 juta unit yang terjual. Bentuk PlayStation 2 pun dibuat lebih modern oleh Sony melalui balutan warna hitam yang diusungnya.
Selain itu, versi awal PlayStation 2 yang berbentuk Fat menggunakan tray untuk menempatkan disc game, sehingga makin membuatnya terlihat modern.
Namun bentuk Fat yang diusung PlayStation 2 tidak bertahan lama. Karena 4 tahun kemudian tepatnya pada tahun 2004, Sony meluncurkan Playstation 2 dengan ukuran slim.
Tidak berbeda dengan seri sebelumnya, PlayStation 2 juga digemari di lokasi rental PlayStation. Bahkan, saat ini PlayStation 2 telah mampu membaca game dari HDD eksternal dengan menggunakan tool tertentu.

  • PlayStation Portabel
Berbeda dengan PlayStation dan PlayStation 2, PSP merupakan konsol game portabel garapan Sony. Melalui layar berukuran 4,8 inch pengguna dapat memainkan game dengan tampilan grafis lumayan menggunakan tombol khas PlayStation yang berada di sekeliling layar yang diusungnya.
Pada awal kehadirannya di tahun 2004, PSP hadir dalam bentuk yang lumayan tebal. Namun pada tahun 2007 Sony meluncurkan versi PSP dengan ukuran slim namun dengan bentuk yang masih serupa.
Pada tahun 2009 Sony meluncurkan model terbaru PSP yang mengusung nama PSP Go, berbeda dengan sebelumnya, pada versi kali ini Sony memisahkan bagian layar dan tombol. Hal tersebut dilakukan demi memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi gamer yang menggunakannya.
Generasi terbaru PSP hadir pada tahun 2011, namun Sony tidak lagi menyematkan nama ‘Portable’ melainkan mengubah namanya menjadi PlayStation Vita.
Pada versi ini Sony telah menyematkan kontrol analog. Selain itu layar yang diusung PlayStation Vita pun lebih besar dengan aplikasi layar sentuh OLED 5 inch.

  • PlayStation 3
Konsol game yang berhasil terjual sebanyak 70 juta unit sampai akhir 2012 tersebut merupakan seri paling akhir yang diluncurkan oleh Sony.
Berbagai pembaharuan pun dihadirkan Sony. PlayStation 3 hadir bersama dengan kontroler dualshock 3 berteknologi wireless, namun versi kabel tetap ada.
Sedangkan sebagai media game-nya, Sony telah menggunakan kepingan Blu-ray. Tampilan grafis yang mampu dihasilkan oleh PlayStation generasi ketiga tersebut pun dijamin mampu memanjakan mata penggunanya melalui kualitas grafis realistis serta resolusi HD yang diusungnya.

  • PlayStation 4
Ini adalah konsol game terbaru dari Sony. PS 4 sudah diluncurkan sekitar pertengahan tahun 2013 silam
Soal prosesor dan GPU yang dipakai pada PS4 memang sudah terkuak sebelum peluncuran resminya, produk ini menggunakan CPU arsitektur x86 dengan dukungan 64bit.
Sementara dari sisi GPU, Sony memang belum menyebutkan secara spesifik, namun kabarnya setara dengan Radeon HD 7870 versi komputer. Akan tetapi dengan beberapa penyesuaian untuk konsol.
Kapasitas memori PS4 juga terbilang cukup besar, dan sudah menggunakan versi GDDR5 yang cepat. Memori ini akan dipakai untuk kebutuhan sistem dan kartu grafis.
Kemudian PS4 juga dibekali hardisk berkapasitas 500 GB. Cukup besar, karena hanya file game tertentu yang akan diletakkan di dalamnya.



Source :
dodywira.blogspot.com
beritateknologi.net

No comments:

Post a Comment

© Fiyu Ang , AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena