Light Red Pointer

Repeat... Sleep, Eat, Love, Peace, Code, Pray Until... Die.

Wednesday 30 December 2015

Stronghold Crusader





Stronghold merupakan salah satu game yang dibuat oleh Firefly Studios, yang mengkombinasikan elemen real-time strategy dengan simulasi istana timur tengah selama perang salib.

Game Stronghold ini sedikit menceritakan tentang sejarah perang salib dimasa lalu yang berlangsung kurang lebih selama dua abad ini. Cerita tentang perang salib sendiri menurut saya sangat mengerikan, karena kalau tidak salah perang ini juga disebut sebagai perang dalam sejarah yang paling besar, dan berlangsung sangat lama.

Kalau tidak salah Perang salib ini dimotori oleh Paus di Roma, dengan doktrin untuk menguasai Al Quds, atau palestina sebagai tempat kelahiran Yesus Kristus. Tetapi, ternyata belakangan Perang ini diketahui ada niat lain yang diinginkan oleh bangsa Barat pada waktu itu yaitu ingin menjarah atau menguasai wilayah kaum Muslim. Mereka melakukan perang dengan sangat membabi buta.

Permainan ini memunculkan beberapa unit Arab yang diproduksi dalam tenda tentara bayaran (mercenary post) dan bangunan-bangunan baru. Walaupun pasukan Arab tidak memerlukan senjata untuk diproduksi, namun mereka lebih mahal dibandingkan dengan tentara Barak (Barracks) yang merupakan bangunan Militer Utama untuk membuat Prajurit Eropa.  Stronghold Crusader mempunyai 4 mode permainan :
1.         Crusader (kampanye utama)

terdiri dari 50 misi (tambahan 30 misi pada Warchest) yang seiring jalan bertambah sulit. 

2.        Historical Campaign (kampanye sejarah)

dimana pemain mengikuti jejak sejarah dalam Perang Salib (Perang Salib Pertama, Kampanye Saladin, Perang Salib Ketiga, dan Negara-negara Bentukan dalam Perang Salib). 

3.        Castle Builder (Membangun Kastil)

 disini, pemain akan membangun kerajaannya sendiri di dalam peta yang disediakan, tidak ada musuh, hanya ada beberapa singa dalam beberapa peta. 

4.       Custom Scenarios (Skenario Buatan)

pemain akan membuat petanya sendiri dan bisa dimainkan dalam Permainan Buatan, dimana pemain bisa membuat permainan melawan kerajaan lain, menentukan musuh, menentukan mode permainan dan menentukan peta sendiri.



Pada game ini, kita harus mempunya strategi yang baik, karena digame ini terdapat sistem jual beli/sistem ekonomi, lalu kita juga membutuhkan suatu populasi dimana kita harus membangun rumah/pemukiman untuk mendapatkan populasi. Populasi sendiri dibutuhkan untuk membangun sebuah pasukan, dimana pasukan dibutuhkan untuk menyerang ataupun bertahan dari serangan kerajaan lain. Untuk membuat bangunan pada game ini juga membutuhkan bahan bahan bangunan seperti halnya pada dunia nyata. Untuk mendapatkan bahan bahan bangunan seperti batu dan kayu, kita bisa dengan membuat tambang batu ataupun penebang kayu di sekitar pohon pohon yang disediakan. Populasi juga dipengaruhi bahan pangan. Jika Populsi kita turun, kerajaan akan kekurangan pasukan ataupun penduduk, yang akan membuat kerajaan itu lemah, lalu kalah diserang kerajaan lain. 




 
Source :

No comments:

Post a Comment

© Fiyu Ang , AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena